UNION PACIFIC BIG BOY


            Pada tahun 1941 Alco Locomotive Work USA membuat 25 lokomotif uap yang super besar dan bertenaga super hebat yang diberi nama BIG BOY. Konon, ini adalah lokomotif uap terbesar yang pernah ada didunia. Loko ini dioperasikan oleh Union Pacific untuk mengarungi medan berat. Pada tahun 1930 Union Pacific mempunyai pengalaman harus melakukan pertolongan pada jalur Ogden ke Wasatch (Amerika Serikat), di mana rangkaian kereta adalah seberat 3.600 ton dan dengan elevasi 1,14%. Oleh sebab itu Union Pacific menghendaki lokomotif yang super kuat. Big Boy dapat menarik rangkaian 3.600 ton, traksi 270,000 kg, sehingga diputuskan dengan konfigurasi 4-8-8-4 (artinya dengan 8+8 roda penggerak atau seri DD), dan kecepatan 120 km/jam, serta tekanan uap 300 psi. 

         Big Boy telah dibuat oleh Alco Locomotive Work USA sebanyak 25 buah, dengan nomor seri 4001 sampai 4025. Maksud dari nomor seri tersebut adalah dua digit pertama berarti tahun pembuatannya, dua digit terakhir adalah nomor urut lokomotif. Konon, data terakhir tercatat bahwa Big Boy telah mengarungi rata-rata 1.000.000 mil perjalanan, yang terbesar adalah loko 4006 dengan posisi 1.064.625 mil, sedangkan yang terkecil adalah loko 4024 dengan posisi 811.956 mil. Nih, gue kasih spesifikasi nya: 

Specifications by Steve Llanso
ClassBig Boy (4884-1)Big Boy (4884-2)
Locobase ID34613026
RailroadUnion Pacific (UP)Union Pacific (UP)
Whyte4-8-8-44-8-8-4
Road Numbers4000-40194020-4024
GaugeStdStd
BuilderAlcoAlco
Year19411944
Valve GearWalschaertWalschaert

Locomotive Length and Weight
Driver Wheelbase18.75'18.75'
Engine Wheelbase72.45'72.46'
Ratio of driving wheelbase to overall engine wheebase0.260.26
Overall Wheelbase (engine & tender)117.58'117.58'
Axle Loading (Maximum Weight per Axle)67800 lbs67800 lbs
Weight on Drivers540000 lbs545200 lbs
Engine Weight762000 lbs772250 lbs
Tender Light Weight427500 lbs436500 lbs
Total Engine and Tender Weight1189500 lbs1208750 lbs
Tender Water Capacity24000 gals25000 gals
Tender Fuel Capacity (oil/coal)28 tons28 tons
Minimum weight per yard of rail on which locomotive could run113 lb rail114 lb rail

Geometry Relating to Tractive Effort
Driver Diameter68"68"
Boiler Pressure300 psi300 psi
Cylinders (dia x stroke)23.75" x 32" (4)23.75" x 32" (4)
Tractive Effort135375 lbs135375 lbs
Factor of Adhesion (Weight on Drivers/Tractive Effort)3.994.03

Heating Ability
Firebox Area704 sq. ft720 sq. ft
Grate Area150.30 sq. ft150 sq. ft
Evaporative Heating Surface5889 sq. ft5755 sq. ft
Superheating Surface2466 sq. ft2043 sq. ft
Combined Heating Surface8355 sq. ft7798 sq. ft
Evaporative Heating Surface/Cylinder Volume179.46175.37

Computations Relating to Power Output                                    
Robert LeMassena's Power Computation4509045000
Same as above plus superheater percentage5861756700
Same as above but substitute firebox area for grate area274560272160
Power L13274328743
Power MT1069.42929.82



 Allegheny

 

         

Specifications by Steve Llanso
ClassH-8 - 1600H-8 - 1644
Locobase ID30411065
RailroadChesapeake & Ohio (C & O)Chesapeake & Ohio (C & O)
Whyte2-6-6-62-6-6-6
Road Numbers1600-16441645-1659
GaugeStdStd
BuilderLimaLima
Year19411948
Valve GearBakerBaker

Locomotive Length and Weight
Driver Wheelbase11.83'11.83'
Engine Wheelbase62.50'62.50'
Ratio of driving wheelbase to overall engine wheebase0.190.19
Overall Wheelbase (engine & tender)112.92'112.92'
Axle Loading (Maximum Weight per Axle)86700 lbs85480 lbs
Weight on Drivers507900 lbs504010 lbs
Engine Weight771300 lbs751830 lbs
Tender Light Weight428100 lbs431710 lbs
Total Engine and Tender Weight1199400 lbs1183540 lbs
Tender Water Capacity25000 gals25000 gals
Tender Fuel Capacity (oil/coal)25 tons25 tons
Minimum weight per yard of rail on which locomotive could run141 lb rail140 lb rail

Geometry Relating to Tractive Effort
Driver Diameter67"67"
Boiler Pressure260 psi260 psi
Cylinders (dia x stroke)22.5" x 33" (4)22.5" x 33" (4)
Tractive Effort110211 lbs110211 lbs
Factor of Adhesion (Weight on Drivers/Tractive Effort)4.614.57

Heating Ability
Firebox Area762 sq. ft762 sq. ft
Grate Area135.20 sq. ft135 sq. ft
Evaporative Heating Surface7240 sq. ft6795 sq. ft
Superheating Surface3186 sq. ft2922 sq. ft
Combined Heating Surface10426 sq. ft9717 sq. ft
Evaporative Heating Surface/Cylinder Volume238.37223.72

Computations Relating to Power Output 
Robert LeMassena's Power Computation3515235100
Same as above plus superheater percentage4604945630
Same as above but substitute firebox area for grate area259537257556
Power L13797235276
Power MT988.94925.82

Northern 

 

         Lokomotif Northern mempunyai susunan roda 4-8-4 (artinya hanya dengan 8 roda penggerak, seri D), dioperasikan oleh Union Pacific sebanyak 45, dibuat pada tahun 1937 hingga 1944. Kecepatan maximalnya adalah 150 km/jam. Loko ini untuk penumpang dan barang, misalnya Overland Pacific, Portland Rose, dan Pacific Limited. Hampir semua jaringan Union Pacific memakai lokomotif ini.

         Sebenarnya lokomotif ini ada 3 model. Model yang kedua mempunyai panjang 29 meter, dan berat 450 ton. Lokomotif ini dilengkapi deflektor asap (elephan ears) pada bagian depan pemanas air. Ini dimaksudkan untuk agar asap dibuang ke atas agar masinis dapat melihat ke depan dengan baik. 

Union Pacific 3985

Union Pacific 3985 

       Union Pacific 3985 atau UP 3985 adalah sebuah lokomotif uap dengan susunan roda 4-6-6-4 (artinya dengan 6+6 roda penggerak atau seri CC), tipe Challenger yang dimiliki oleh Union Pacific Railroad.          Lokomotif UP 3985 dibuat pada 1943 oleh American Locomotive Company (ALCO) Schenectady, New York. Saat ini UP 3985 yang dijuluki Challenger adalah lokomotif uap terbesar yang beroperasi di dunia. 

ALCO membuat 105 buah lokomotif ini untuk Union Pacific yang dioperasikan pada jalur pegunungan di wilayah California dan Oregon.