1. BB204
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230 HP dengan susunan gandar
lokomotif ini adalah Bo' 2 Bo', artinya dua bogie dengan dua gandar
penggerak dan satu bogie idle dua gandar.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II Sumatera Barat yang relnya bergigi.
2. CC205
Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Motors, Ontario, Kanda. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC202 di Indonesia
yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas
lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini 4 lokomotif CC 202
bisa diganti dengan 2 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan. Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia. Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38ACe. Artinya adalah: EMD
GT38ACe : - G : General Purpose (Untuk segala keperluan) - T :
Turbocharger (Dengan turbocharger) - 38 : mesin EMD 710 - 8 silinder
(dengan tenaga bisa sampai 3000 HP) - AC : Motor traksi sistem AC-AC
3. CC204
Lokomotif CC204 merupakan kelas lokomotif
diesel-elektrik yang dirakit khusus untuk Indonesia oleh PT. General
Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif kelas ini terbagi menjadi dua seri, yaitu CC204 seri pertama yang merupakan model C18Mmi dengan short hood spartan (seperti CC201), dan CC204 seri kedua yang merupakan model C20EMP dengan hidung aerodinamis (seperti CC203). Kecepatan maksimal lokomotif ini adalah 120 km/jam
4. CC203
Lokomotif CC203 buatan General Electric dengan seri U20C merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201,
yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis, serta
diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.
5. CC202
lokomotif
buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat di
Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan
karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini
hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut
batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
6. CC201
Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Memiliki Daya Mesin 1950 HP. Mempunyai berat 84 ton. Lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan.
7. CC200
LOKOMOTIF
CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah
Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an,dan
memiliki tenaga 1750Hp
8. D300
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak tahun 1968.
Lokomotif
ini hanya berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat
berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
9. D301
Lokomotif
D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan
tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
10. BB306
Lokomotif
BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo
Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk
melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta
Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga
90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan
rusak termakan usia dan kurang suku cadang.
11. BB305 (Jenbach)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
12. BB305 (CFD)
Lokomotif
BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki
oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang
13. BB304
Lokomotif
BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya
mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan
kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan
dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam
0 Komentar