Seorang pencuri  tertembak mati di sebuah  lorong sementara di saat yang sama seorang wanita yang ternyata adalah asisten Senator Stephen Collins meninggal akibat terjatuh dan terlindas kereta api. Dua kejadian yang seolah tak berhubungan ini ternyata punya kaitan yang kuat di mata seorang jurnalis bernama Cal McAffrey (Russell Crowe).
     Cal semula adalah teman kampanye Senator Stephen namun malah berakhir sebagai seorang jurnalis. Dengan bantuan Della Frye (Rachel McAdams) yang berambisi, Cal kemudian mulai mengumpulkan fakta-fakta  yang seolah memang tak  berhubungan dengan dua kematian
tragis itu.  Cal menduga ada sebuah persekongkolan di balik dua kematian  yang seolah tak terkait ini.
     Pelan tapi pasti,  Cal dan Della mulai berhasil mengumpulkan  fakta dan mulai  tampak gambaran dari skenario di balik konspirasi ini. Semakin dekat Cal pada kebenaran, semakin ragu Cal untuk melanjutkan.  Dia tahu apa yang akan ia ungkap bisa menggoyahkan pilar kepemimpinan negara dan tak mustahil jiwanya akan terancam bila investigasi itu dia lanjutkan.


Film ini, di sisi lain memiliki kaitan dengan dunia jurnalistik. Seperti 9 elemen jurnalistik (Bill Kovach) yang tenyata terkandung dalam film ini. Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu :
  1. Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran.
     Pada hal ini, jurnalistik dituntut untuk selalu mengungkap sebuah kebenaran. Dalam film ini terlihat jelas ketika Cal yang seorang wartawan profesional, berani mengorbankan hidupnya untuk mencari kebeneranan dalam kasus dunia jurnalistik. Dibuktikan dalam adegan Cal sedang menguntit Dominic yang hampir menghabisi nyawanya. Selain itu, Cal memiliki sikap pantang menyerah dan tidak mudah untuk mengambil sebuah keputusan. Dengan begitu, opini dan sumber berita dicari secara akurat dan perlahan kemudian berita tersebut diterbitkan.

     2. Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga (citizen).
    

     Jurnalis dituntut untuk mengedepankan kepentingan warga negara. Dalam film State Of Play elemen ini ditunjukan oleh tokoh Cal yang menguak skandal anggota kongres semata-mata hanya ingin menunjukkan kebenaran kepada publik.


  1. Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi.
     Pada elemen ketiga ini, jurnalis dituntut untuk memverifikasi berita yang hendak dipublik berdasarkan fakta yang ada, bukan bersumber dari opini masyarakat. Dalam film ini, terlihat bagaimana cara Cal memperoleh informasi baik melalui wawancara, studi kasus ke tempat kejadian langsung bahkan melakukan penjebakan informan melalui rekaman CCTV. Cal didalam film ini sangat teliti dalam mengerjakan tugasnya sebagai wartawan dengan tidak melewatkan fakta yang ditemukan.
  1. Jurnalis harus menjaga independensi dari objek liputannya.
     Independensi disini artinya, seorang jurnalis tidak boleh berpihak pada siapapun. Dalam film terlihat jelas, bahwa Cal yang seorang wartawan dan sahabatnya Stephen Collins anggota kongres, tak lain sebagai tersangka atas berita yang diangkatnya, Cal tidak semata – mata berada dipihak Collins. Melainkan, Cal tetap memihak pada kebenaran yang akan ia sampaikan melalui berita yang hendak diterbitkan. Hal ini jelas menunjukkan bukti independensi Cal terhadap profesinya sebagai wartawan dengan tidak mempercayai siapapun walaupun itu temannya sendiri.
  1. Jurnalis sebagai pemantau independensi terhadap kekuasaan.
   Point kelima ini berarti wartawan juga bertindak sebagai pengawas jalannya pemerintahan dan bersifat independen. Cal tau bahwa Stephen sahabatnya merupakan anggota kongres dan ia adalah salah satu orang penting dalam pemerintahan. Namun satus Cal sebagai wartawan menuntutnya untuk memantau jalannya pemerintahan itu, maka ketika ada skandal ditubuh pemerintahan mengemuka, Cal menjalankan tugasnya sebagai pemantau dengan mencari fakta-fakta tanpa memandang bahwa ada sahabatnya dalam pemerintahan dan tanpa berusaha melindungi sahabatnya tersebut.  


  1. Jurnalis menyediakan forum bagi publik untuk komentar, kritik, dan kompromi publik.
     Pada elemen keenam ini, wartawan memberikan kesempatan bagi publik atau masyarakat untuk berkomentar, mengkritik, sehingga mendapatkan timbal – balik yang nantinya akan dilakukan kompromi dengan wartawan yang lain mengenai kasus yang sedang ditangani. Dalam film “State of Play” terlihat  ketika wawancara pers Stephen mengungkapkan rasa bela sungkawa atas kematian Sonia sampai meneteskan air mata. Warga yang melihat berita itu pun berkomentar, menanggapi, dan berspekulasi mengenai ungkapan Stephen yang hingga menangisi kematian asistennya.

     7. Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan.

     Pada elemen ke tujuh ini, seorang wartawan dituntut untuk mengemas berita semenarik mungkin, sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada publik namun masih memperlihatkan kebenaran yang ada. Di film ini Cal selalu menemukan fakta baru dari kasus skandal itu, fakta baru tentunya membuat publik semakin penasaran dan mengikuti perkembangan berita itu. Ia juga membuat head line berita yang menarik, sehingga menarik minat pembaca.
  1. Jurnalis menjaga agar berita tidak komprehensif dan proporsional.
      Maksud dari point kedelapan ini adalah wartawan dalam memperoleh informasi harus ada sesuatu yang menantang dan membuat berita itu sebagaimana mestinya sehingga proporsional memiliki isi berita yang berbobot. Hal ini dibuktikan didalam film ini, pada adegan dimana Cal mencari Fred Summer di sbuah apaetement ia malah di pertemukan dengan orang yang ia curigai membunuh Sonia. Dan sini Cal mempertaruhkan nyawanya karena hamper mati juga di tangan orang tersebut. Hal ini dilakukan oleh Cal demi mengungkap fakta yang berbobot dan akurat mengenai skandal ini, karena ia berurusan dengan orang-orang yang miliki pengaruh kuat didalam pemerintahan dan ia membuat beritanya bukan dari judul yang sensasional tetapi informasi yang berkualitas.


  1. Jurnalis memiliki kewajiban untuk mengikuti hati nurani.

     Mendengarkan hati nurani sendiri maksudnya disini yaitu, karena sesuatu yang berasal dari hati nurani akan bersifat baik, sehingga meminimalisir kebohongan dalam penulisan berita. Ini diperlihatkan di dalam film State Of Play dimana Cal mengikuti kata hati nuraninya untuk terus menguak kasus skandal ini demi kepentingan orang banyak. Walau pada awalnya hanya ingin mengembalikan nama baik dari sahabatnya Stephen.


Aditya Dharmawan / 01716146273